Tab Menu Calya Chesta

Gaya Magnet

1. Pengertian Gaya Magnet dan Sifat-Sifat Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh dorangan dan tarikan dari magnet. Magnet mempunyai bermacam-macam bentuk yaitu batang, silinder jarum, bentuk U, dan ladam atau tapal kuda. Lihat gambar di bawah.
gambar magnet
Selain bentuk magnet berikut adalah sifat-sifat magnet
  1. Kutub magnet ada dua yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan(S), dikompas kutub utara disebut north(N), kutub selatan diganti dengan sourth(S). Apabila kedua kutub yang tidak senama (utara dan selatan) dihadapkan maka hasilnya tarik-menarik, sedangkan kutub yang senama (selatan dan selatan) atau (utara dan utara) dihadapkan hasilnya akan tolak-menolak .
  2. Jika semua magnet bergerak bebas, kedua kutub akan selalu menunjukan utara dan selatan.
  3. kekuatan yang dimiliki magnet adalah daya tarik yang dapat menembus suatu benda. Benda yang ditembus oleh magnet antara lain
    kertas, daun, kaca, kayu, dll.
  4. Magnet dapat menarik benda yang tebuat dari besi dan baja. Benda yang bisa ditarik oleh magnet seperti besi, baja, nikel, kobalt, benda yang dapat ditarik magnet adalah benda magnetis. Benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet adalah almunium, kayu, kaca, karet, dl, benda yang tidak dapat ditarik magnet adalah benda non magnetis.

2. Magnet Alam dan Magnet Buatan

Berdasarkan asalnya magnet dibedakan menjadi dua yaitu
  1. Magnet alam, merupakan magnet yang terbentuk secara alami. Magnet alam ditemukan pertamakali di Asia yaitu Magnesia.
  2. Magnet buatan, merupakan magnet yang dibuat oleh manusia . magnet buatan dibedakan menjadi dua yaitu magnet tidak tetap adalah magnet yang dibuat dari besi lunak dan magnet tetap adalah magnet yang dibuat dari baja.
Magnet yang biasa kita gunakan adalah magnet buatan. Magnet buatan tebuat dari logam yaitu besi dan baja, mengapa magnet buatan terbuat dari besi dan baja?, karena besi dan baja terbuat dari feromagnetik. Feromagnetik adalah merupakan bahan bahan yang kuat ditarik magnet. Magnet dari besi lebih mudah dibuat daripada magnet dari baja. Kenapa besi lebih mudah dibuat dari pada baja? , karena magnet dari baja memiliki sifat kemagnetan yang lama, itu penyebab besi lebih mudah dibuat menjadi magnet daripada baja. Besi dan baja perbedaanya adalah:

Magnet besi
  1. Sifat kemagnetanya mudah hilang
  2. Molekul besi kurang rapat
  3. Besi lebih mudah dibuat magnet
Magnet baja
  1. Sifat kemagnetanyan tahan lama
  2. Molekul baja rapat dan keras
  3. Baja lebih sulit dibuat magnet

3. Kegunaan Magnet

Magnet bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu digunakan pada kotak pensil, lemari es, dinamo, kompas,dll. Magnet juga bisa digunakan pada alat untuk mengangkut benda-benda besi. Alat-alat tersebut dibuat dengan cara mengalirkan arus listrik. Arus listrik tersebut datang dari dinamo.

4. Cara Membuat Magnet

Magnet dibuat dengan tiga cara yaitu:
  1. Cara Induksi
    Membuat magnet dengan cara induksi adalah dengancara menempelkan magnet ke benda magnetis yang akan disjadikan magnet, kita tempelkan secara berulang-ulang. Sifat kemagnetan ini hanya sememntara saja.
  2. Cara Gosokan
    Cara gosokan adalah salah satu membuat magnet dengan cara menggosok-gosokan baja atau besi dengan kutub magnet. Sifat kemagnetannya juga sementara
  3. Cara Aliran Listrik
    Cara ini bisa juga disebut electromagnet. Sifat kemagnetannya hanya sememntara seperti cara gosokan dan cara induksi. Jika aliran listrik terputus otomatis sifat kemagnetan besi atau baja akan hilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar